Artikel Terbaru :
Home » » Santo Blasius

Santo Blasius

Penulis : Gerald Simanullang on Senin, 17 November 2014 | 07.09

Santo Blasius dilahirkan di Sebastia, Asia Kecil. Sekarang, daerah tersebut bernama Sivas, Turki. Santo Blasius dikenal sebagai Uskup dan Martir pada abad pertengahan. Selain itu, Santo Blasius juga dikenal sebagai Santo Pelindung bagi orang-orang yang mengalami sakit tenggorokan.

Menurut tradisi yang ada, Santo Blasius adalah keturunan bangsawan. Dalam perjalanan waktu selanjutnya, ia mengalami pendidikan iman Kristen. Pada akhirnya, dia ditahbiskan sebagai Uskup Sebastia. Pada waktu itu, agama Kristen sudah tersebar luas di berbagai macam daerah akan tetapi, Licinius, Kaisar Roma pada saat itu tetap mengadakan penyiksaan dan pengejaran terhadap orang-orang Kristen dan akhirnya ia berhasil menangkap dan menawan Santo Blasius. Ketika berada dalam penjara, ia berhasil mengeluarkan duri ikan dari tenggorokan seorang anak yang hampir mati karena tidak dapat bernafas. Beberapa saat kemudian, Santo Blasius dibunuh oleh para tentara Kaisar Licinus.

Menurut cerita yang beredar, sebelum menjadi Uskup, Santo Blasisius dikenal sebagai seorang tabib atau dokter yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan banyak orang. Banyak sekali cerita mukjizat yang dikenal dari kehidupan Santo Blasius. Salah satu cerita yang cukup terkenal adalah ketika ia menyembuhkan penyakit pada binatang buas pada saat ia berada dalam pengungsian karena pengejaran Kaisar Licinius.

Mulai abad 16, berkat Santo Blasius sudah mulai dipraktekkan oleh Gereja pada saat peringatan pestanya yaitu setiap tanggal 3 Februari. Biasanya, orang menerima ‘Pemberkatan Santo Blasius’ dengan dua lilin menyilang yang diletakkan pada tenggorokan. Hal itu dilakukan dengan iman karena dipercaya dapat melindungi orang dari penyakit tenggorokan. Oleh karena itu, ia dikenal sebagai salah satu dari 14 orang Kudus yang dikhususkan oleh Gereja sebagai Penolong banyak orang terutama yang mengalami penyakit tenggorokan.


Share this article :

Posting Komentar

 
Terima kasih telah berkunjung ^_^
Dibuat tahun 2014. PPA Santa Maria Palu . Semua baik-baik saja.
Created and designed by Gerald Simanullang | Dibuat dan didesain oleh Gerald Simanullang